Minggu, 06 November 2011

Cek Alternator dan AKI

Originally Posted by unggulpribadi View Post
Untuk mengechecknya gunakan voltmeter, ketika ditest pada keadaan engine off aki harus menunjukkan angka 12.6 V (minimal 12.4)

Normal (Engine OFF)


Ketika headlamp dinyalakan (engine off) beberapa saat, voltase akan turun dan akan langsung naik lagi ke kondisi semula

Headlamp ON, engine OFF


Jika memang voltase drop sampai dibawah 12.4 V dan mobil tidak kuat untuk distarter, solusinya bisa menjumper (selalu sedia alat jumper di bagasi) aki dengan mobil yang sehat (engine on), caranya bisa dilihat seperti di bawah ini



Selalu check terminal2 aki, jika ada kotoran2 yg melekat segera bersihkan menggunakan amplas halus dan siram dengan air panas



atau bersihkan dengan menggunakan battery cleaner yg bisa diperoleh di toko2 accessories terdekat



Semoga bermanfaat

sumber :
http://www.kaskus.us/showpost.php?p=477651554&postcount=8016

Cara pengunaan engine conditioner / Carbon clean sendiri KARIMUN

Cara pengunaan engine conditioner / Carbon clean sendiri.
Ritual SELF CARBON Clean ini sebaiknya dilakukan dibarengi dengan ganti oli, namun cukup dilakukan setiap 15.000-20.000 km, jangan terlalu sering....
bahan2 yang dipakai :
1. Soff99 carbjet,
2. Soff 99 gzoxx,
3. DCS
4. Threebond
5. Redex
6. Taiho Kohzai
7. Nulon.

CARANYA
1. Panaskan mesin sampai kipas radiator hidup (suhu normal mesin), kemudian matikan mesin.
2. Buka filter udara berikut rumahnya,
3. Semprotkan foam ke mulut karburator sampai penuh,
4. Cabut kabel koil yang ke busi (supaya saat distart mesin tidak hidup).
5. Start mesin sampai foamnya tersedot semua ke dalam intake dan ruang bakar.
ulangi no 3-4-5 sebanyak 3 kali.
6. diamkan selama 10 -15 menit,
7. pasang kembali kabel koil ke busi.
8. hidupkan mesin sampai hidup, digas gas sampai RPM 6000-7000, supaya semua kotoran keluar, dan asap menjadi bening, biasanya asap tebal akan keluar dari knalpot, jadi jangan lakukan di pemukiman padat tar dikira ada kebakaran..
9 jika sudah bening biarkan mesin hidup idle selama 2 menit lalu proses selesai .
10 pasang lagi saringan udara dengan rumahnya.
11. Lanjutkan dengan ganti oli..

saya tidak menyarankan memasukkan foam langsung ke busi, alasannya karena setelam mesin dalam keadaan panas kalo kita paksa buka busi ada kemungkinan dratnya akan menempel di busi (drat mesin rusak , nah urusannya akan menjadi runyam, tapi kalo mau nekat, silakan saja masukan foam ke lubang busi pada saat selesai dengan nomor 3...

doit with your own risk..

salammmmm
semoga berhasil..


sumber :
http://www.kaskus.us/showpost.php?p=477651554&postcount=8016

Cara Mudah Deteksi Kerusakan/Keausan Kaki-kaki KARIMUN CLASSIC

Cara Mudah Deteksi Kerusakan/Keausan Kaki-kaki

Yg belum tahu cara mendeteksi keausan/kerusakan kaki-kaki, berikut info seputar cara deteksi keausan/kerusakan kaki-kaki disamping pengecheckan/deteksi secara VISUAL

1. Balljoint



2. Tie-rod/Long Tie-rod



3. Karet Support S/A : lakukan dengan membuka kap mesin




Semoga bermanfaat


sumber :
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10363836&page=80